Jumat, 11 Mei 2012

Pembalut Nifas: Washable Vs. Dispo

Bersamaan dengan belanja clodi untuk si Kakak, saya nyetok menspad untuk persiapan nifas. Racunnya tentu saja tulisan ibu-ibu yang sudah pernah melahirkan, memakaikan clodi ke anak, kemudian pakai menspad dan berniat pakai menspad selama nifas.

Saya sendiri mulai menggunakan menspad sekitat 6 bulan sebelum menikah. Modalnya baru 1 night, 3 day dan 2 panty liner. Beli yang night pun sekedar persiapan dan nyobain, karena saya kurang suka softex (kepanjangan nyebut pembalut wanita sekali pakai :P hehehe) yang panjang. Selain terasa gerah di patpat sampai terkadang bikin lecet, memang tidak terlalu banyak yang dibuang. Tapi kebetulan menspad night perdana saya itu enak dipakai :) Secara umum saya lebih suka pakai menspad dari pada softex.

Nah, karena untuk nifas yang kata orang membanjir, saya sengaja memperlengkapi koleksi menspad dengan ukuran night. Waktu itu targetnya nyiapin 6 night,  4 day  & 4 panty. Tapi setelah ngobrol-ngobrol sama mbak May (lagi-lagi ketika kami jadi penjaga kantor), ternyata ga semua orang nifasnya banyak dan lama. Konfirmasi ke Mama, ternyata Mama sependapat sama mbak May. Hmmm....Mikir lagi deh... Status terakhir night uda nambah jadi 4. Tetap nambah night atau day saja yang ditambah? Mubasir juga kalo ternyata nifas alirannya biasa saja & tidak lama.

Dengan pertimbangan harus ganti maksimal tiap 4 jam dan asumsi aliran nifas biasa saja alias tidak deras, maka saya akhirnya memutuskan komposisi: 4 night, 6 day dan 12 panty liner. Komposisi tersebut saya hitung dari kondisi saya ketika haid biasa:
  1. Dalam 24 jam perlu ganti 6 kali
  2. Tidur kurang lebih 8 jam= pakai night 2
  3. Sisa 16 jam= pakai day 4
  4. Hari I pakai 6 pieces
  5. hari kedua cuci pemakaian hari I + pakai 6 pieces kedua
  6. hari ketiga pakai 6 pieces pertama dan cuci pemakaian hari kedua, dst.
So... 12 panty liner itu tentu saja hitungannya 24 jam: 4 jam= 6 kali ganti/hari x 2 hari.

Hingga suatu hari saya nyasar ke thread "What to pack to the hospital" di Mommies Daily. Para ibu-ibu sedang ngomongin merk, jenis, ukuran dan jumlah pembalut yang perlu dibawa ke rumah sakit. Saat itu juga saya mikir: kayanya repot deh nyuci2 menspad selama di RS... Kan masih lemes/remuk...  Perhatian juga pasti tersedot ke Kakak... Uda gitu kan ga boleh ditungguin keluarga... Lagian tega apa minta cuciin Jroom atau Mama? ...rus mau jemur dimana? ...Kalau ada tempat jemuran, namanya jemur di rumah sakit, resiko terpapar virus & bakteri dong? Apalagi rencana ambil kelas 3 yang bakalan rame-rame.

Lempar pertanyaan deh....




Dan dijawab:



pake Charm aja!

hahahahaha....

Baiklah selama di RS sayah pake dispo dulu ya.... Kalo disponya masi nyisa ya diabisin dulu meski uda di rumah :D

Jangan kegatelan beli dispo ya...kan Ade uda nawarin dispo Riska tuh masi sisa banyak di kosan *medit*

Eh, mak Joy dikasi pembalut nifas sih. Tapi dia kelas VIP. Nanti au di kelas 3 ato 2 dapet juga ga ya? ....List barang bawaan dari RS ga emang ga nyuruh bawa pembalut sih.... Hmmm, mau nanya ah ntar sama bu Bidan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar